Acara Kirab Kerbau Bule Disiarkan Langsung TV Singapura

Acara Kirab Kerbau Bule Disiarkan Langsung TV Singapura
Berita Acara Kirab Kerbau Bule Disiarkan Langsung TV Singapura. Surakarta - Keraton Kasunanan Surakarta bakal menggelar kirab untuk menyambut Tahun Baru Jawa, Kamis dinihari 15 November 2012. Sembilan ekor kerbau albino alias kerbau bule akan menjadi barisan terdepan iring-iringan kirab tersebut.

Koordinator kirab, KRMH Satryo Hadinoto, mengatakan bahwa kirab itu merupakan tradisi yang sudah berjalan ratusan tahun. "Harus terus terselenggara, meski dengan berbagai keterbatasan, termasuk keterbatasan biaya,"katanya, Selasa, 13 November 2012.

Satryo menjelaskan bahwa Keraton membiayai kirab secara mandiri selama tiga tahun terakhir. "Sebelumnya, bantuan dari pemerintah pasti ada," katanya. Pada tahun ini Pemerintah Kota Surakarta hanya membantu membiayai Festival Satu Sura yang diselenggarakan pada hari yang sama.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kirab diperkirakan akan diikuti oleh ribuan kerabat keraton serta abdi dalem. Selain sembilan ekor kerbau bule, mereka juga akan mengirabkan sepuluh buah pusaka keraton. "Kami sedang memilih sepuluh dari sekian banyak pusaka yang ada di keraton," katanya.

Dia memastikan bahwa ritual budaya akan disaksikan oleh ribuan masyarakat serta wisatawan. Mereka akan memadati jalan-jalan yang dilalui oleh peserta kirab. "Kami berharap kegiatan ini berdampak positif bagi dunia pariwisata di Surakarta," katanya.

Kirab pada tahun ini, menurutnya, juga diliput oleh salah satu stasiun televisi asal Singapura. "Akan disiarkan di seluruh stasiun yang jaringannya ada di Asia Tenggara," katanya. Satryo berharap kerja sama tersebut mampu mempromosikan Surakarta sebagai pusat kebudayaan Jawa.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata dan Seni Budaya Surakarta, Widdi Sri Hanto, menyatakan pihaknya ikut mendukung kegiatan tersebut dengan terlibat di Festival Satu Sura. Acara tersebut akan mementaskan sejumlah ritual budaya yang selama ini berkembang di Surakarta.

"Kami juga telah berkoordinasi dengan tujuh kelurahan yang dilewati kirab," katanya. Pihaknya meminta agar kelurahan tersebut memasang umbul-umbul dan janur kuning. Tempat usaha yang terletak di tepi jalan sepanjang jalur kirab juga diminta melakukan hal yang sama untuk menyambut datangnya Tahun Baru Jawa tersebut. Intulah informasi terbaru Acara Kirab Kerbau Bule Disiarkan Langsung TV Singapura.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Acara Kirab Kerbau Bule Disiarkan Langsung TV Singapura"

Posting Komentar

Ayuk komentar donk...
> Gk boleh spam
> Gk boleh sara, kasar, porno